Saturday 1 February 2014

Head Cabinet, Combo, dan Rack Amplifier



Jika anda melihat ada banyak bentuk amplifier, ada yang kecil dan bersatu, ada yang ditumpuk, atau sebagainya, inilah penjelasannya

Head Cabinet


Amplifier Head Cabinet adalah amplifier yang terdiri dari Head/Amplifiernya dan Cabinet/Speakernya. Amplifier Head Cabinet adalah amplifier yang dibuat terpisah antara amplifiernya dan speakernya, ada yang menggunakan speaker 1x12, 2x12, dan 4x12. Maksudnya ada yang terdiri dari 1 speaker 12", 2 speaker 12", dan 4 speaker 12".
Kelebihan amplifier ini salah satunya kita bisa menyesuaikan speaker yang kita inginkan, apakah untuk kapasitas, studio atau panggung sekalipun.
Kekurangannya anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli amplifier ini, dan amplifier ini memakan tempat yang cukup banyak.

Combo


Amplifier Combo adalah amplifier yang amplifier dan speakernya bersatu. amplifier jenis combo ini hanya memiliki maksimal 2 speaker saja, mulai dari speaker 8", 10", 12". ataupun lebih kecil lagi yang digunakan pada mini amp.
Kelebihannya amplifier ini relatif lebih kecil dari head cabinet, dan harga amplifier ini relatif lebih murah daripada head cabinet.
Kekurangannya tidak semua amplifier combo memiliki output, sehingga anda tidak bisa menambah speaker tambahan pada amplifier ini.

Rack



Amplifier pada dasarnya terdiri dari Preamp dan Power Amp. Preamp adalah pengolah sinyal awal gitar yang membentuk suara gitar, sedangkan Power Amp Adalah Penguat sinyal yang keluar dari Preamp tadi.
Rack Amp adalah amplifier yang terpisah antara Preamp dan Power Amp, tidak seperti Head Cabinet dan Combo yang sudah bersatu.
Kelebihannya adalah anda bisa memadukan antara Preamp merek satu dengan Power Amp lainnya yang anda sukai dan anda dapat memadukannya dengan effect rack lainnya dan Rack Amp ini hanya memakan sedikit tempat.
Kekurangannya, anda harus membeli Preamp dan Power Amp nya, dan harus menghubungkannya, dan harganya bisa lebih mahal dari amplifier Head Cabinet atau Combo.

No comments:

Post a Comment