Saturday 1 February 2014

Beberapa Cara Rekaman Gitar



Ada beberapa cara untuk merekam gitar, mulai dari yang paling mudah sampai yang paling rumit sekalipun, inilah beberapa cara merekam gitar :

1. Menggunakan Mic



Sangat mudah, kita hanya menyiapkan mic lalu bermain gitar, tapi ini hanya bisa digunakan untuk merekam gitar Akustik saja dan kualitasnya tergantung pada mic yang digunakan. Untuk kualitas yang bagus gunakanlah mic Condenser, dan hubungkan ke Mic Preamp baru ke komputer dan rekam.

2. Menggunakan Software



Kita tidak perlu memiliki amplifier, preamp, effect dan lainnya sebagainya kita hanya memerlukan software dan Audio Interface saja. Cukup hubungkan kabel jack ke gitar dan Audio Interface, anda bisa merekam gitar dengan berbagai amplifier dan effect yang disediakan oleh software tersebut. Tapi jika anda tidak memiliki Audio Interface, anda bisa menghubungkan ke slot mic PC anda, dengan menggunakan Jack to Jack berukuran kecil yang dipasang ke Jack gitar anda.

3. Menggunakan Effect



Dengan menggunakan rangkaian effect yang kita gunakan kita bisa merekamnya dengan menghubungkan dari output effect ke PC kita, tapi kita harus menggunakan DI Box Terlebih dahulu, karena suara Unbalance dari effect bisa dirubah menjadi Balance oleh DI Box, jika tidak menggunakan DI Box suara gitar anda akan menjadi trebel, seperti fuzz. Kecuali anda menggunakan Effect Amp Simulator.

4. Menggunakan Output dari Amplifier



Disini anda harus menggunakan amplifier untuk merekam, anda hanya menghubungkan gitar ke amplifier, dan amplifier ke PC anda, dengan suara Preamp anda, tapi anda tidak dapat mendapatkan karakter suara speaker anda disini.

5. Menggunakan Mic ke Cabinet



Disini anda akan mendapatkan semua karakter amplifier anda, karena merekam langsung dari Speakernya, anda hanya perlu menggunakan mic yang didekatkan ke Cabinet saja, tapi karakter dan kualitas tergantung pada penempatan mic dan mic apa yang anda gunakan saat merekam.

No comments:

Post a Comment